Sabtu, 12 Maret 2016

Ekstrak Tapak Liman



Nama Produk           : Ekstrak Tapak Liman
Nama latin                 : Elephantopus scaber L
Harga Ekstrak           : Rp. 480.000,-/ Kg
                       *harga dapat berubah sewaktu-waktu
 
Kandungan Ekstrak Tapak Liman:
asam heksadekanoat, 43,3%; tetrahydronaphthalelol dimetil isopropyl, 14,1%, b-sesquiphellandrene, 8,3%, asam octadecadienoic, 5,5% dan fitol, 5,2%. Herba daun tapak liman juga mengandung metabolit sekunder terpenoid dan flevonoid 


Manfaat Ekstrak Tapak Liman untuk kesehatan:
Anti-kanker: salah satu mekanismenya adalah tapak liman mengandung zat deoxyelephantopin yang menunjukan aktivitas sitotokisik melawan sel kanker dan tumor malignan.
Anti-bakteri dan anti-jamur: ekstrak daun tapak liman terbukti dapat membunuh Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis dan proteus vulgaris. Ekstrak metanol pada daun tapak liman juga menunjukan aktivitas yang signifikan terhadap Staphylococcus aureus, Salmonella paratyphi A,  pneumonia, P. aeruginosa,Salmonella sonnei, Escherichia coli dan Salmonella typhimurium. Selain itu, ekstrak metanol juga efektif melawan jamur berbahaya seperti Aspergillus niger, Aspergillus flavus, Rhizopus indicus dan Mucor indicus.
Melindungi hati: sebuah pnelitian percobaan pada tikus menunjukan bahwa tapak liman dapat mencegah karbon tetraklorida (CCl4) menyebabkan disfungsi hati kronis yang ditunjukan oleh berbagai tanda biologis seperti aspartate aminotrasferase (AST), alanine aminotrasferase (ALT), alkaline phosphatase (ALP) dan juga protein dan total lemak darah serta kolesterol dan pospolipid jaringan.
Anti bisa ular: Pentasiklik triterpene lupeol dan asam urosolik menunjukan aktifitas anti bisa ular. Bahkan lupeol dapat melindungi sampai 72% dari bisa ular.
Anti-diabetes: 2, 6, 23-trienolida adalah steroid dari ekstrak tapak liman yang dapat menurunkan gula darah dengan cara menstimulasi penegluaran insulin dari sel beta yang diregenerasi. hexana, methanol and ekstrak air juga dapat menurunkan klesterol, triasilgliserol dan LDL (lemak jahat) yang menjadi salah satu gejala yang sering ditemui pada penderita diabetes, serta meningkatkan HDL (lemak baik) untuk mengurangi gejala tersebut. Ekstrak etil asetat pada akar dan methanol dari daun dapatmenurunkan kadar gula darah, perubahan profil lemak dan meningkatkan fungsi ginjal dan hati, glikogen otot dan serum insulin.
Fungsi lain: antioksidan, anti cacing, menyembuhkan asma, diuretik dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar